Setelah sebelumnya jalur penerimaan mahasiswa baru baik PMDK PPNS kemudian PMDK PN dan jalur UMPN sudah selesai dilaksanakan, maka pada tahun 2018 ini telah selesai pula diselenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Proses pendaftaran jalur mandiri dilaksanakan mulai tanggal 27 April s/d 30 Mei 2018 dengan cara on line di laman pmb.ppns.ac.id.

Untuk pendaftar yang lolos administrasi pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini dapat mengikuti tes tulis dengan materi tes rekayasa untuk mata pelajaran : Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta tes skolastik. Tes tulis materi rekayasa jalur mandiri dilaksanakan  pada tanggal 2 Juni 2018 pukul 07.30-10.30 WIB dan dilanjutkan dengan tes skolastik dilaksanakan pada tanggal yang sama mulai pukul 11.00-12.00 WIB.

Suasana tes tulis materi rekayasa dan skolastik

Setelah semua peserta tes tulis dikoreksi dan diseleksi hasilnya, maka bagi pendaftar yang lolos masih harus mengikuti tes selanjutnya, yaitu tes wawancara, untuk mengetahui seberapa minat calon mahasiswa pada program studi yang dipilih dan mengarahkan kepada calon mahasiswa agar memilih program studi sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki dan menjadi pertimbangan pula prestasi yang diperoleh selama pendidikan di SMA/SMK/MA. Bagi calon yang memiliki prestasi tingkat nasional bahkan internasional menjadi nilai lebih untuk dapat diterima sebagai calon mahasiswa PPNS.

pelaksanaan tes wawancara

Bagi mahasiswa yang lolos wawancara masih ada tahapan lagi untuk dapat diterima sebagai mahasiswa PPNS melalui jalur mandiri yaitu tes kesehatan yang dilaksanakan oleh Unit Klinik PPNS dengan tujuan agar mahasiswa baru PPNS memang sehat jasmani dan rohani sehingga dapat belajar di PPNS tanpa mengalami kendala apapun juga.

Pelaksanaan Tes Kesehatan di Klinik PPNS

Peserta yang lolos dan diterima sebagai mahasiswa baru PPNS Tahun Akademik 2018/2019 jalur mandiri adalah mereka yang telah mengikuti dan lolos berbagai tahapan tes yang ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.